Rabu, 22 Februari 2012

Gelombang Warna-warni Di halaman Utama Google.com


Ada yang berbeda dari halaman utama google hari ini, Yaitu sebuah gelombang warna-warni yang disebut dengan gelombang elektromagnetik.

Gelombang warna-warni bergerak beraturan di layar komputer jika membuka laman google.com. Gelombang elektromagnetik itu adalah bentuk perayaan Google terhadap hari jadi fisikawan Jerman, Heinrich Rudolf Hertz, ke-155. Hertz adalah ilmuwan yang mengembangkan gelombang elektromagnetik menjadi gelombang nirkabel untuk telegram dan radio

Lahir di Jerman, 22 Februari 1857, Hertz kecil menunjukkan kemampuan yang tinggi dalam fisika. Hertz mengasah kemampuan fisikanya di Universitas Muenchen, Jerman. Pada usia 23 tahun, dia berhasil meraih gelar doktor (PhD) dalam bidang induksi elektromagnetik dalam bidang berputar.

Ketika menjadi profesor di Karlsruhe Technische Hochschule tahun 1885, Hertz mengalihkan perhatiannya ke sirkuit listrik dan induksi elektromagnetik. Menurut situs The Guardian, Hertz mendemonstrasikan kemampuan di dua bidang tersebut kepada para mahasiswanya dengan menggunakan kondensor yang memakai daya melalui loop terbuka.

Dalam penelitian tersebut, Hertz menemukan fenomena bunga api di sekitar loop. Pada 1888, Hertz mampu menunjukkan gelombang elektromagnetik dengan bunga api tersebut bisa berlaku sebagai gelombang. Temuan yang mengklarifikasi teori elektromagnetik yang dikemukakan fisikawan Inggris, James Clerk Maxwell, pada 1984. Maxwell menyatakan gelombang elektromagnetik bisa ditransmisikan dan bisa diterima.

Menurut situs Cartt.ca, Hertz mewujudkan teori Maxwell karena menjadi orang pertama yang berhasil menunjukkan keberadaan gelombang elektromagnetik melalui sebuah medan yang dapat memproduksi dan mendeteksi gelombang radio. Pengembangan ini kemudian dijadikan media untuk membuat telegram dan radio.

Penemuan besar Hertz membuat namanya kini dijadikan satuan frekuensi radio. Seperti hertz (Hz), kilohertz (kHz), dan megahertz (MHz). Hertz meninggal di Bonn, Jerman, pada 1894 setelah berjuang melawan penyakit Wegener's granulomatosis, penyakit langka untuk gangguan darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar